Berita Kegiatan

Selain Opioid Juga Disinggung Tentang Bahaya Kratom Atau Daun Kedemba,,,, Menuju Abon Ikan Haruan

Dibaca: 7 Oleh 16 Nov 2021Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Kalimantan Timur  –  Mengajak  atau  mengubah   pola  pikir  masyarakat   tidak lah semudah membalik telapak  tangan,  untuk   mengubah  pola pikir  tersebut    perlu adanya suatu  upaya dan  jalan keluar agar masyarakat  mengerti maksud  dan tujuannya.

Agar  Maksud  dan tujuannya  tercapai   Badan Narkotika Nasional menggelar bimbingan teknis lifeskill  bagi masyarakat  Desa Liang ilir, Desa Liang Ulu, Desa Muhuran dan Desa Sebelimbingan di kabupaten  Kutai Kartanegara . Deputi Dayamas yang dibacakan oleh Kepala Kesbangpol Pemkab Kutai Kartanegara, senin 15 Nopember 2021.

Konsep Otomatis

Sambutan deputi dayamas  Drs.Andjar Dewanto,S.H, M.BA  yang di bacakan  Kepala Kesbangpol Pemkab Kutai Kartanegara ibu Rindawati sekaligus membuka kegiatan mengatakan  bimbingan  teknis lifeskill untuk memberikan pemahaman dan bimbingan teknis berupa keterampilan   yang   dapat diterapkan oleh masyarakat kawasan rawan narkoba di Kabupaten Kutai Kartanegara .

“Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 44 masyarakat  Desa Liang ilir, Desa Liang Ulu, Desa Muhuran dan Desa  sehingga diharapkan bisa bermanfaat dalam meningkatkan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Konsep Otomatis

Dalam kesempatan tersebut selain membuka kegiatan, Direktur Pemberdayaan Alternatif BNN juga menyampaikan sosialisasi Penyalahgunaan   Opioid dan bahayanya bagi kesehatan  untuk itu masyarakat  perlu dibekali bimbingan  teknis lifeskill .

Selain Opioid  juga disinggung  tentang bahaya kratom atau daun Kedemba  yang lebih dikenal  masyarakat  di desa tersebut  bila digunakan  bisa merusak  kesehatan dan dapat menyebabkan ketergantungan. ” Sudah banyak kasus di beberapa negara yang kesulitan dalam menanggulangi permasalahan penyalahgunaan kratom sehingga dalam hal ini, kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak menyalahgunakan dan menanam kratom, dan sebaiknya menanam tanaman lain yang lebih bermanfaat dan tidak membahayakan kesehatan,” katanya.

Konsep Otomatis

Bimbingan Teknis Lifeskill tersebut menghadirkan trainer (pelatih)   Dr. Miftakhur Rohmah  (Dosen Universitas Mulawarman)  yang sudah memiliki pengalaman dalam pelatihan kewirausahaan masyarakat berupa pengolahan produk diantaranya adalah produk ikan dan produk hasil pertanian.

Dengan bimbingan teknis lifeskill  menjadi  sarana  yang  mampu  mengubah masyarakat secara perlahan  serta   memberikan pelatihan dan proses kegiatan pengolahan ikan yang kemudian dilanjutkan dengan praktek membuat olahan ikan yaitu abon yang terbuat dari ikan haruan atau ikan gabus .

Melihat  materinya  sangat menjanjikan Peserta sangat antusias dalam membuat abon karena berpotensi  dapat  menjadi komoditas usaha yang menjanjikan apalagi bahan baku ikan sangat banyak tersedia di desa mereka.

Konsep Otomatis

Masyarakat  Desa Liang ilir, Desa Liang Ulu, Desa Muhuran dan Desa Sebelimbingan  juga  didampingin   Praktisi serta memberikan arahan terkait teknik pembuatan abon yang baik,  Selanjutnya adalah pembuatan bakso ikan yang terbuat dari bahan baku utama ikan.

Peserta juga dibekali dengan ketrampilan  food photography dan cara menghias makanan dengan baik agar dapat menampilkan produknya secara lebih menarik jika dijual secara online.   bahaya narkoba bagi masyarakat Rasau Jaya yaitu menumbuhkembangkan kesadaran akan pola hidup sehat tanpa narkoba.

Humas BNNP Kaltim

Terkait

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel